Mengenal Beberapa Jenis Bahan Material Furniture
Jenis-Jenis Bahan Material Furniture

Sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah Furniture alangkah baiknya jika kita memiliki pengetahuan tentang Bahan Material dari Furniture yang akan kita pilih dan beli. Berikut ini beberapa Bahan Material yang akan kita bahas untuk sobat Furn ketahui:

  1. Kayu Solid, Bahan ini merupakan bahan terbaik dibanding dengan bahan lainnya, tetapi furniture dengan bahan ini memiliki harga yang cukup tinggi dikarenakan volume tanam dan waktu yang cukup lama namun kualitas dari produk yang dihasilkan cukup baik. Jenis kayu yang digunakan untuk jenis ini biasanya Kayu Jati.

  2. Kayu Lapis (Plywood), Bahan ini merupakan kayu olahan  industri berasal dari beberapa lapisan kayu yang ditumpuk berlapis. Bahan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang kuat. Karena kualitas yang lebih baik dibandingkan kayu olahan lainnya, maka harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang lain. Kayu Lapis adalah bahan yang sering digunakan dalam pembuatan furniture terutama untuk furniture di dalam ruangan yang terlindung dari panas dan hujan.

  3. Block Board, Bahan ini terbuat dari kumpulan potongan kayu kecil yang dipadatkan dengan mesin dan dilapisi dengan Venner. Ketebalan bahan ini bervariasi mulai dari 12 mm, 15 mm dan 18 mm.

  4. MDF (Medium Density Fibreboard), Bahan ini terbuat dari serbuk halus & bahan kimia resin yang direkatkan dan dipadatkan. Kayu yang dipakai biasanya diambil dari kayu sisa perkebunan ataupun bambu. Hal ini membuat MDF lebih ramah lingkungan, bentuknya berupa papan atau lembaran. MDF harganya sedikit lebih murah daripada Kayu Lapis. Kayu ini sengaja dibuat untuk mengatasi kelangkaan kayu solid.

  5. Melaminto, Bahan ini merupakan multiplek dengan ketebalan 3mm yang difinishing dengan polyester dan melamine, yang kemudian diberi pewarna. Sifat bahan ini: Halus, Licin, Gloosy, dan Tahan Air. Bahan ini berguna untuk pelapis dasar finisihing furniture.

  6. Particle Board, Bahan ini terbuat dari partikel sisa pekerjaan kayu seperti serbuk gergaji, potongan kayu kecil, serpihan kayu dan bahan kimia resin yang direkatkan dengan tekanan tinggi dan kemudian dikeringkan. Prosesnya kurang lebih hampir sama dengan MDF hanya bahan MDF lebih halus dan seragam sedangkan particle board lebih kasar dan tidak beraturan. Kelemahan produk yang menggunakan partikel ini adalah rentan terhadap air tetapi sepanjang anda bisa menjauhkan furniture anda dari air, furniture dengan bahan ini dapat dipertimbangkan karena harganya yang lebih murah dibandingkan bahan lain. Beberapa Industri juga telah menambahkan anti rayap dalam proses pembuatannya.

  7. Rotan, Bahan ini menjadi alternative baru untuk bahan pembuatan furniture selain kayu. Rotan memiliki banyak jenis namun tidak semua rotan bisa dijadikan untuk pembuatan mebel. Berikut ini adalah rotan yang biasanya dijadikan furniture: Rotan Pietriet, & Rotan Core.

Dari semua bahan diatas dapat diuraikan beberapa faktor penentu kualitas bahan furniture dan menentukan harga dari furniture itu sendiri, berikut beberapa faktornya:

  • Berat Jenis (Menentukan Berat / Ringannya suatu bahan)

  • Struktur Kekuatan Bahan

  • Water Resistance Level (Ketahanan Terhadap Air)

Demikianlah sedikit informasi yang dapat kita berikan terkait jenis bahan dalam pembuatan furniture. Semoga bermanfaat untuk sobat Furn dalam memilih dan membeli furniture kedepannya. Jangan lupa untuk belanja Furniture hanya di Furnimart Belanja Hemat dengan Kualitas Eksport.

Sumber: Klik Disini

TIPS & TRIK MEMILIH FURNITURE UNTUK RUMAH KESAYANGAN
TIPS MEMILIH FURNITURE YANG BERKUALITAS